Bagaimana cara mengelas.?



Pengelasan busur adalah metode untuk menggabungkan dua atau lebih bahan dengan panas yang dihasilkan secara elektrik. Meskipun ada banyak proses pengelasan yang berbeda yang terdaftar oleh American Welding Society, yang akan kita bahas di sini adalah Shielded Metal Arc Welding (SMAW), yang juga dikenal sebagai pengelasan tongkat. Pengelasan tongkat adalah salah satu bentuk pengelasan yang paling umum dan serbaguna, dan merupakan cara yang relatif mudah untuk menambahkan profesionalisme dan daya tahan pada proyek DIY Anda.
Mempersiapkan pekerjaan
Kumpulkan bahanmu Anda harus memiliki mesin las, pemegang elektroda dengan timah, penjepit tanah dengan timbal, elektroda, dan logam dilas. Anda juga memerlukan palu chipping untuk menyingkirkan terak dan sikat kawat untuk membersihkan lasan.
Pakai perlengkapan keselamatan Anda. Ini termasuk helm pengelasan (naungan # 10 atau lebih tinggi), jaket pengelasan atau kaus katun, celana tanpa borgol, sepatu bot kerja, sarung tangan, dan kacamata pengaman.
JANGAN pakai sepatu tenis, baju berjumbai, celana dengan borgol, kaos, baju dengan kantong terbuka, atau kaos tanpa lengan.
Siapkan area yang akan dilas masuk Hapus semua bahan yang mudah terbakar dan temukan permukaan yang bagus untuk dilas. Meskipun Anda dapat meletakkan koneksi ground tepat pada bagian yang Anda las, kebanyakan toko memiliki meja kerja logam besar yang dihubungkan dengan tanah.Jika ada orang lain yang hadir, aturlah tirai pengelasan di sekitar area kerja. Ini akan melindungi mereka dari kerusakan akibat sinar UV
Atur mesinnya. Kebanyakan mesin las cukup lurus ke depan. Anda kemungkinan besar akan menggunakan amper sekitar 90-120 ampli, meskipun ini harus disesuaikan untuk ketebalan logam dan diameter elektroda.
Gunakan elektroda yang benar. DCEP (elektroda arus searah positif) mengatur busur untuk beralih dari logam ke elektroda, memanaskan logam lebih banyak. DCEN (elektroda arus searah negatif) memiliki efek sebaliknya. Untuk pengelasan tongkat, DCEP akan memberi pengelasan lebih banyak penetrasi. Anda harus memilih elektroda yang sesuai untuk pengelasan AC atau DC, tergantung pada mesin Anda. Pastikan elektroda kering.
Elektroda yang digunakan untuk DCEP adalah E6010, E6011, E6013, E7014, E7018, dan E7024. Elektroda AC (alternating current) adalah E6011, E6013, E7014, dan E7018AC.
E6010 dan E6011 sangat berguna untuk logam berkarat, dicat, atau kotor yang tidak dapat Anda bersihkan.
E6013 adalah elektroda serbaguna yang bagus untuk proyek yang persendiannya kurang pas.
Bersihkan logam sebelum pengelasan. Hal ini dapat dilakukan dengan menyikat permukaan yang dilas dengan sikat kawat atau penggiling. Keluarkan karat atau cat dari logam sebanyak mungkin.
Gunakan aseton untuk membersihkan minyak dari logam, terutama aluminium.
JANGAN gunakan pelarut terklorinasi, karena reaksi saat dipanaskan dengan tukang las bisa membunuh Anda seketika.
Hanya karena logam berkilau, tidak berarti itu bersih. Gunakan hard grinding disc untuk menghilangkan lapisan skala pabrik dan turun ke logam yang telanjang. Ini paling sesuai untuk baja.
7Mulai mengelas
Atur sendi. Gunakan penjepit dan pengaman untuk memastikan sambungan yang Anda las secara tepat dan rapat.

Mogokkan busur pengelasan. Hal ini dilakukan dengan mengetuk logam dan dengan cepat menariknya ke atas atau memukulnya seperti kecocokan. Anda menyelesaikan sirkuit dan menariknya menjauh, yang menyebabkan listrik beralih dari elektroda ke logam.
Sebagian besar helm pengelasan modern memungkinkan Anda melihat dengan jelas sampai Anda mencapai busur, dan kemudian secara gelap secara gelap melindungi mata Anda dari kerusakan akibat sinar UV. Beberapa helm yang lebih tua atau lebih murah hanya menggunakan lensa berwarna yang terlalu gelap untuk dilihat kecuali pengelasan. Dalam kasus ini, Anda harus menemukan di mana Anda ingin mulai mengelas dan membalik helm ke bawah dengan tangan Anda yang lain, lalu kencangkan busurnya.
Bangun kolam las. Bila busur yang stabil dapat dipertahankan, abaikan ujung elektroda dan bukannya melihat genangan logam cair. Untuk membuat kolam yang baik, Anda harus tetap di tempat Anda memulai untuk satu atau dua detik sebelum bergerak.
Jarak busur harus tidak lebih lebar dari 1/8 "dari ujung batang ke logam. Dimensi celah ini harus dijaga dengan memberi makan atau dengan lembut mendorong elektroda ke genangan lumpur yang meleleh. Jika celahnya terlalu lebar, akan menyebabkan percikan berlebihan.
Mulailah menggerakkan kolam las melintasi logam. Jaga elektroda pada sudut beberapa derajat kurang dari 90 °. Jangan berjalan terlalu cepat; Sebagai panduan umum yang ingin Anda gunakan sekitar satu inci elektroda untuk setiap inci las. Saat menggerakkan kolam las, Anda bisa masuk dengan garis lurus (stringer bead) atau bergerak dalam lingkaran kecil.
Penting untuk mempertahankan panjang busur konstan, atau jarak dari ujung elektroda ke logam. Ini bisa sulit pada awalnya karena elektroda terus menyala.
Terus pindahkan kolam menuju ujung logam. Sekali lagi, pastikan kecepatan perjalanan dan panjang busur Anda stabil.
Selesaikan lasan. Tarik elektroda kembali dari logam dan biarkan beberapa detik sampai dingin. Logam masih akan sangat panas pada saat ini, tapi seharusnya tidak lagi panas merah.
Selesai pengelasan
Bersihkan terak. Terak adalah sisa residu dari proses pengelasan. Selama pengelasan, terak melindungi logam panas dari kontaminan. Penutup terak tidak sejuk dengan tingkat yang sama seperti manik pengelasan, yang dapat menyebabkan terak untuk keluar dari lasan. Gunakan palu potong untuk memecahkan terak dari lasan.
Kacamata pengaman harus dipakai saat pengelasan sehingga saat perisai diangkat mata terlindungi.
Ketuk terak cukup keras untuk melonggarkan terak dan hindari memasang tanda palu di lasan baru.
Gunakan sikat kawat untuk membersihkan lasan. Keluarkan partikel berlebih sebanyak mungkin, terutama jika Anda akan melakukan passing lagi.
Periksa pengelasan. Lasan las tukang las sering kali buruk dan tidak mengalami stres dengan baik. Namun, praktik mengubah ini. Buat celah lain untuk memperbaiki celah atau lasan yang tidak lengkap.
Biarkan logam menjadi dingin. Jika ini hanya latihan, mencelupkan logam ke dalam air akan mendinginkannya lebih cepat. Pendinginan di dalam air akan membuat lasan menjadi rapuh, jadi biarkan pengelasan struktural menjadi dingin lewat udara.



Tips
- Pelajari keempat posisi pengelasan. Ini adalah: Flat, Horizontal, Vertical, dan Overhead. Posisi yang tercakup di sini adalah pengelasan posisi datar.
- Jika Anda mengenal tukang las, mintalah dia untuk melihat Anda mengelas dan memeriksa lasan yang sudah selesai. Mereka dapat memberi tahu Anda banyak tentang apa yang mungkin Anda lakukan salah.
- Temukan kelas di daerah Anda tentang pengelasan. Anda akan belajar lebih banyak tentang pengelasan daripada yang bisa diajarkan artikel ini.
- Menempatkan elektroda ke dudukan pada sudut 90 derajat disarankan untuk pengelasan posisi datar, dan meletakkan elektroda dalam penunjuk lurus keluar digunakan untuk pengelasan pada posisi di atas kepala.

Comments

Popular posts from this blog

Definisi, macam dan cara pengelasan